Langsung ke konten utama

Buat Kamera Cuma modal 50rb?

ane udh nyoba bikin ni kamera dari kotak korek api
klo mau dengan modal ga nyampe 50ribu kalian bisa bikin kamera sendiri loh

ni bahan2nya:
1. kotak korek api = Rp 500,-
2. kaleng coca-cola bekas = Rp 5000,- (ga nyampe) ato bs minta ato nyari di tempat sampah
3. isolasi kabel = Rp 8000,- (itu udh bisa buat lebih dr 1 kamera)
4. roll film baru = Rp 20.000,- paling mahal Rp 25.000,-
5. roll film bekas/kosong = minta mas2 fujifilm
6. spiral yg buat ngejilid = minta aja dikit sama mas2 fotokopi

[spoiler=buka][/spoiler]

caranya:
1. bikin frame di kotak yang dalam trus warnain item
[spoiler=buka]
disini lebar lobang framenya 2,4 cm

[/spoiler]

2. bikin lubang berbentuk segi 4 di kotak bagian luar
[spoiler=buka][/spoiler]

3. gunting kaleng cocacola td kecil aja trus dibolongin pake jarum segede lubang jarum setelah itu dihalusin pake amplas
[spoiler=buka]

perhatian supaya gambar yg dihasilkan bisa fokus, kaleng ini diamplas ampe tipis setipis2nya, selain itu lobangnya juga jangan gede2, kecil aja yg penting bolong[/spoiler]

4. tempel di bagian depan kotak korek api
[spoiler=buka][/spoiler]

5. bikin shutternya
[spoiler=buka][/spoiler]

6. bikin penanda bunyi klik
[spoiler=buka]


itung 2,4cm td itu ada berapa lobang. misalnya 7 lobang, jd pas muter filmnya nanti agan dengerin bunyi klik ampe 7 kali gt[/spoiler]

7. masukin filmnya ke kamera
[spoiler=buka]

solasi ujung film dengan ujung film sisa pada roll yg kosong

masukin kaya gini

mesti di lakban biar cahaya ga masuk[/spoiler]

8. bikin winder
[spoiler=buka][/spoiler]

9. jadinya gini
[spoiler=buka][/spoiler]

totalnya Rp 38.500,- itu juga masi bisa di irit2 lagi

ni beberapa hasil karya ane
ini pas masih pertama kali coba2

1. [spoiler=buka][/spoiler]

2. [spoiler=buka][/spoiler]

3. [spoiler=buka][/spoiler]

4. [spoiler=buka][/spoiler]

5. [spoiler=buka][/spoiler]

6. [spoiler=buka][/spoiler]


oiya ampe lupa nih CARA MAKENYA

itu shutternya dibuka aja tp tangan jgn sampe goyang
-klo utk cahaya terang outdoor kira2 dibuka 3-5 detik
-klo cahaya sedeng outdoor ya kira2 10-15 detik
-klo yang malam hari itu ada yg sampe 10-30 menit malah ada yg 1 jam hhehe
sebenernya itu tergantung sama gede lobangnya, jarak dr lobang ke film, dll banyaklah pokoknya
jadi intinya banyak2 mencoba aja gan hhe

satu lagi.. tar klo udh abis roll filmnya dibuka aja solasinya trus gunting filmnya, sisain guntingan jgn pendek2 biar bs buat bikin kamera lg..
terus filmnya di cuci kira2 Rp 7000,-
gausah di cetak tp di scan ato di transfer hrs di lab.foto (fujifilm dkk) harganya ada yg Rp 500,-/gambar ada yg Rp 10.000,-/roll
lumayan drpd nyetak Rp 1000,-/lembar

banyak yang nanya ini gimana bs nangkep gambarnya
ni ane kasi sedikit PENJELASANNYA
[SPOILER=PENJELASAN]

jadi hanya menggunakan sebuah lubang sebesar jarum dan tanpa menggunakan lensa pun bisa mendapat gambar
gambar yang ditangkap film akan terbalik

JANGAN MEMBUAT LUBANG TERLALU BESAR


ini jika lubang yang dibuat TIDAK TERLALU BESAR, gambar yang didapat akan lebih FOKUS


ini jika lubang yang dibuat TERLALU BESAR, gambar yang didapat akan lebih TIDAK FOKUS
[/SPOILER]







WWW.HK-TOYS.COM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mainan Baling-Baling/ Kitiran Lebah Dari Bambu

Bahan-bahan untuk membuat kincir lebah adalah sebagai berikut :

a. bambu diserut dengan lebar kira-kira 1 cm
b. bambu diserut hingga lentur (seperti rangka layang-layang)
c. bambu diserut bulat (diameter sedotan) dengan panjang kira-kira 15 cm
d. bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
e. karton penyangga bagian dalam bungkus rokok
f. benang
g. karet gelang
h. 2 potongan kaleng yang dibengkokkan
i. potongan sedotan secukupnya
selain bahan di atas siapkan pula peralatan seperti gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, serta spidol.
sebelum membuatnya, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :
A. Ambil bambu serut yang besar (bambu a)kemudian patahkan (tidak putus) seperti gambar di bawah ini

setelah dibengkokkan, maka dibuat lubang yang berhadapan seperti dalam gambar di atas.
B. bambu c di belah penampangnya. Ujung yang satu dibelah dua sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya dibelah empat.

masukkan potongan kaleng be…

Cara Membuat Mainan Mobil Etek-Etek Dari Bambu

Bahan-Bahannya :
Bambu belahsandal bekas, dibuat menjadi 4 buah roda2 unit bambu bulat (diameter 1 cm; panjang 2 cm), bisa pula menggunakan bekas spidol gambarkayu/banbu  panjang (kira-kira 1 meter)1 kaleng bekas susu utuh (kaleng besar : susu kental manis)1/4 bagian kaleng susu kecil merk Bearbrand2 lembaran kaleng tebal (bisa dari kaleng susu kental manis) berukuran 1 cm x 2 cm, dan dibengkokkan/ditekuk 90 derajat. karet gelang secukupnyaCara Membuat :
Bambu belah di potong-potong menjadi gambar berikut

potongan bambu belah sedangkan bahan yang disiapkan menjadi seperti ini

bahan lain yang disiapkan rangkai semua bahan sebagai berikut :
a.  ambil 2 potong bambu no. 1, dan 1 potong bambu no. 2, rangkai seperti gambar, dan diikat dengan karet.

bambu no. 1 & 2 b.  tambahkan bambu no. 3 pada sisi rangkaian di atas

tambah bambu no.3 c.  ikat bambu no.4 pada kira-kira sepertiga bagian paling atas rangkaian.  dan ikatkan dua bambu bulat seperti pada gambar di bawah ini

tambah bambu no. 4 dan b…

Bocah-Bocah Yang Mendadak Terkenal di TV Karena Jago IT Ternyata "Berbohong"?

1. Pembuat salingsapa.com (Muhammad Yahya Harlan)

Source Salingsapa.com Ralat karena pernyataan Yan Harlan (ayah Muhammad Yahya Harlan)
“Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” pada Minggu malam 13 Februari 2011
Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata ‘powered by JCow‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini.
Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut.
sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/14/114531/1570726/398/hak-cipta-salingsapa-jadi-bahan-kontroversi/?i991102105
Maka tulisan saya di bawah ini jgn digubris, terimakasih
Pertama saya salut dengan bocah ini, namun setelah saya lakukan view source terhadap web jejaring social miliknya itu, ternyata menggunakan engine jcow.net
Pantas terasa aneh,  seorang bocah ingusan…