Langsung ke konten utama

Perintah Dasar Pada Linux

  • ls : melihat isi direktori yang aktif

contoh : debian:/# cd /root

debian:/root# ls à menampilkan isi direktori root

  • cat : melihat isi file secara keseluruhan

contoh : debian:/# cat [nama_file]

  • more : menampilkan isi file per layer

contoh : debian:/#more [nama_file]

  • tail : menampilkan sepuluh baris terakhir

contoh: debian:/#tail [nama_file]

  • less : melihat isi file tetapi yang bisa discroll

contoh: debian:/#less [nama_file]

  • cp : mengkopi file
contoh: debian:/#cp file1 /home —-à mengkopi file1 dari root ke direktori home
  • mv : memindahkan file

contoh: debian:/#mv file1 /home

  • rm : menghapus file

contoh: debian:/#rm [nama_file]

  • mkdir : membuat direktori

contoh: debian:/#mkdir [nama_direktori]

  • rmdir : menghapus direktori

contoh: debian:/#rmdir [nama_direktori]

  • cd : pindah direktori

contoh: debian:/#cd root à pindah ke direktori root



In English

  • Ls: see the contents of the current directory

example: debian: / # cd / root

  • debian: / root # ls-à displays the contents of the root directory

  • Paint: see the contents of a file as a whole

example: debian: / # cat [file_name]

  • More: displays the contents of the file per layer

example: debian: / # more [file_name]

  • Tail: display last ten lines

example: debian: / # tail [file_name]

  • Less: see the contents of the file but can discroll

example: debian: / # less [file_name]

  • Cp: copy files

example: debian: / # cp file1 / home - à copy file1 from root to your home directory

  • Mv: move files

example: debian: / # mv file1 / home

  • Rm: remove files

example: debian: / # rm [file_name]

  • Mkdir: make directories

example: debian: / # mkdir [directory_name]

  • Rmdir: remove directory

example: debian: / # rmdir [directory_name]

  • Cd: change directory

example: debian: / # cd root-à move into the root directory




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode-Kode Tersembunyi Pada Opera Mini

Ternyata opera mini yang kita kenal ini memiliki kode-kode rahasia. Mungkin tidak banyak yang mengetahui ini (mungkin lho). Untuk menggunakannya kita tinggal memasukan kode rahasia opera mini ke dalam url lalu klik Go to. Tanpa basa-basi langsung saja intip kode-kodenya. 1. about :config Disini kita bisa mengatur : * Large placeholder for images * Fit text to screen * Loading timeout * Site patches * Keep styling in RSS feeds * Show feedindex * Fold linklist * Phonenumber detection * Minimum phone number leght * Use bitmap fonts for complex script Setelah mengubah pengaturannya jangan lupa untuk menyimpannya (Save) 2. server:version Untuk melihat info: * Server status * Cookies and state * Serverside preferences * Client info * Request headers 3. opera:about Menampilkan informasi tentang opera mini, seperti pihak ketiga. 4. opera:blank Menampilkan layar kosong. 5. opera:cache Melihat semua cache pada opera mini. 6. server:reset Menghapus cache...

Bocah-Bocah Yang Mendadak Terkenal di TV Karena Jago IT Ternyata "Berbohong"?

1. Pembuat salingsapa.com ( Muhammad Yahya Harlan ) Source Salingsapa.com Ralat karena pernyataan Yan Harlan (ayah Muhammad Yahya Harlan) “Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” pada Minggu malam 13 Februari 2011 Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET , memang disebutkan bahwa kata-kata ‘ powered by JCow ‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini. Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut. sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/14/114531/1570726/398/hak-cipta-salingsapa-jadi-bahan-kontroversi/?i991102105 Maka tulisan saya di bawah ini jgn digubris, terimakasih Pertama saya salut dengan bocah ini, namun setelah saya lakukan view source terhadap web jejaring social miliknya itu, ternyata menggunakan engine jcow.net Pantas terasa aneh, ...

Membuat Game Java Snake HQ Dengan Netbeans

Bagi anda yang suka java atau iseng-iseng ingin membuat game ini ada game sederhana yang patut anda coba. Oke, kita mulai. Pertama-tama, kita tentukan sampai mana target rancangan ini diselesaikan. Kebetulan karena ini iseng-iseng, saya cuma berniat sampai animasi sederhana dan deteksi tepi area agar kalau ular tersebut sampai di tepi, bisa tembus di sisi lain. Ini belum sampai deteksi dabrakan dengan dinding, makanan (apel), maupun tabrakan antara kepala dan badan ular tersebut. Karena itu, class utama yang kita butuhkan hanya 2, yaitu untuk panel utama game dan ular yang akan berjalan. Class tambahan lain, akan dibahas kemudian. Kita mulai dari class ular. Sementara ini, attribut yang kita butuhkan hanya koordinat ular, arah ular menghadap, dan panjang maksimal (bisa fleksibel nantinya). Sedangkan behaviour yang bisa dilakukan ular antara lain adalah mengubah arah menghadap, mengupdate koordinat seluruh anggota badan setiap berjalan, termasuk untuk tembus ke sisi lai...