background img

The New Stuff

Makan Hot Dog, Anak-Anak Berisiko Tersedak - Eat Hot Dog, Kids Choking Risk

MAKANAN siap saji, hot dog dinyatakan oleh para dokter sebagai makanan berbahaya bagi anak-anak. Pasalnya, bentuknya yang lonjong memanjang menimbulkan risiko tersedak.

Akademi Kesehatan Anak ternama di Amerika Serikat (AS) menyerukan untuk mengubah bentuk hot dog demi meminimalisir bahaya.
Setiap tahun kejadian yang berakibat dari tersedak makanan telah menewaskan 77 anak-anak di AS dan lebih dari 15 ribu dirawat di ruang gawat darurat. Sekira 17 persen dari kasus tersebut diakibatkan dari mengonsumsi hot dog, menurut laporan yang dikeluarkan akademi tersebut.


"Perusahaan makanan harus mendesain kembali makanannya, termasuk produk daging lainnya. Mereka harus mengubah bentuk, ukuran tekstur, dan karakteristik lainnya yang dapat menyebabkan anak-anak tersedak," demikian rekomendasi akademi tersebut, seperti dikutip Telegraph, Selasa (23/2/2010).

Direktur Pusat Penelitian Cidera dan Kebijakan Kesehatan Anak di Rumah Sakit Anak Columbus, Ohio, Gary A Smith MD DrPH pada USA Today menyatakan, hot dog bisa menutup saluran tenggorakan anak-anak.

"Saya adalah dokter gawat darurat untuk anak, dan untuk mengeluarkan sumbatan hot dog dari tenggorokan adalah hal yang sangat sulit," jelas dia.

Akademi itu juga menilai ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan anak-anak tersedak, seperti wortel mentah, anggur dan apel. Dianjurkan, makanan tersebut harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu sebelum dikonsumsi anak-anak. Marshmallow dan selai kacang juga dapat menyebabkan penyumbatan pada tenggorokan anak.

Hukum Federal AS mewajibkan label "bahaya tersedak" pada mainan tertentu, seperti bola kecil, balon dan mainan lain yang berukuran kecil.(tty)
Diambil dari : okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts