Langsung ke konten utama

Cleopatra Tak Secantik di Legenda

Pujangga terkenal Inggris, William Shakespeare, pernah menulis bahwa wajah Cleopatra, ratu Mesir kuno, sulit untuk dilukiskan kecantikannya.

Namun koin dan patung yang berasal dari tahun 32 Sebelum Masehi dan dipamerkan di Inggris, Selasa, memperlihatkan bahwa ratu tersebut ternyata tak secantik yang dilegendakan dan dibayangkan banyak orang. Dagunya lancip, bibirnya tipis dan hidungnya sangat mancung, demikian menurut laporan AFP.
http://u.kaskus.us/2/e06ohi1q.jpg
Kekasihnya, Mark Anthony, tampil agak mendingan pada sisi lain koin tersebut. Jenderal Romawi itu terlihat memiliki hidung betet, mata lebar dan leher yang tebal.

Gambaran itu jauh dari sekali dari apa yang dibayangkan orang. Apalagi kisah kedua tokoh pernah diangkat ke layar perak lewat film Cleopatra pada 1963, dengan pasangan Richard Burton dan Elizabeth Taylor memerankan Cleopatra dan Mark Anthony.

Koin kuno itu dipamerkan di Universitas Newcastle, Inggris, pada Hari Kasih Sayang (Valentine`s Day), setelah bertahun-tahun tergolek di sebuah bank.

Cleopatra, yang juga terlibat cinta dengan kaisar Romawi yang legendaris, Julius Caesar, juga mengilhami Shakespeare untuk menulis sebaris syair, "Kecantikannya tak pernah lekang ditelan usia dan masa."
http://u.kaskus.us/2/kvor1z5n.jpg
Sementara, Lindsay Allason-Jones, direktur museum arkeologi universitas itu, mengemukakan pencitraan Cleopatra sebagai wanita yang amat cantik sesuai dengan selera jamannya. "Para penulis Romawi menyatakan kepada kita bahwa Cleopatra memiliki otak cerdas, pembawaan yang karismatik, dan mempunyai suara yang seksi. Namun mereka tak pernah menyebutkan kecantikannya."

"Ini merupakan salah satu mitos yang terus berlangsung yang dilestarikan oleh orang seperti Elizabeth Taylor yang memerankan dirinya dan sulit sekali untuk menghilangkan hal itu dari benak semua orang," tambah Allason-Jones

Uang logam itu sendiri merupakan sepertigaratus dari gaji seorang tentara Romawi dan boleh jadi dicetak untuk membayar gaji tentara Romawi yang bertugas di Mesir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mainan Baling-Baling/ Kitiran Lebah Dari Bambu

Bahan-bahan untuk membuat kincir lebah adalah sebagai berikut :

a. bambu diserut dengan lebar kira-kira 1 cm
b. bambu diserut hingga lentur (seperti rangka layang-layang)
c. bambu diserut bulat (diameter sedotan) dengan panjang kira-kira 15 cm
d. bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
e. karton penyangga bagian dalam bungkus rokok
f. benang
g. karet gelang
h. 2 potongan kaleng yang dibengkokkan
i. potongan sedotan secukupnya
selain bahan di atas siapkan pula peralatan seperti gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, serta spidol.
sebelum membuatnya, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :
A. Ambil bambu serut yang besar (bambu a)kemudian patahkan (tidak putus) seperti gambar di bawah ini

setelah dibengkokkan, maka dibuat lubang yang berhadapan seperti dalam gambar di atas.
B. bambu c di belah penampangnya. Ujung yang satu dibelah dua sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya dibelah empat.

masukkan potongan kaleng be…

Cara Membuat Mainan Mobil Etek-Etek Dari Bambu

Bahan-Bahannya :
Bambu belahsandal bekas, dibuat menjadi 4 buah roda2 unit bambu bulat (diameter 1 cm; panjang 2 cm), bisa pula menggunakan bekas spidol gambarkayu/banbu  panjang (kira-kira 1 meter)1 kaleng bekas susu utuh (kaleng besar : susu kental manis)1/4 bagian kaleng susu kecil merk Bearbrand2 lembaran kaleng tebal (bisa dari kaleng susu kental manis) berukuran 1 cm x 2 cm, dan dibengkokkan/ditekuk 90 derajat. karet gelang secukupnyaCara Membuat :
Bambu belah di potong-potong menjadi gambar berikut

potongan bambu belah sedangkan bahan yang disiapkan menjadi seperti ini

bahan lain yang disiapkan rangkai semua bahan sebagai berikut :
a.  ambil 2 potong bambu no. 1, dan 1 potong bambu no. 2, rangkai seperti gambar, dan diikat dengan karet.

bambu no. 1 & 2 b.  tambahkan bambu no. 3 pada sisi rangkaian di atas

tambah bambu no.3 c.  ikat bambu no.4 pada kira-kira sepertiga bagian paling atas rangkaian.  dan ikatkan dua bambu bulat seperti pada gambar di bawah ini

tambah bambu no. 4 dan b…

Bocah-Bocah Yang Mendadak Terkenal di TV Karena Jago IT Ternyata "Berbohong"?

1. Pembuat salingsapa.com (Muhammad Yahya Harlan)

Source Salingsapa.com Ralat karena pernyataan Yan Harlan (ayah Muhammad Yahya Harlan)
“Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” pada Minggu malam 13 Februari 2011
Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata ‘powered by JCow‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini.
Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut.
sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/14/114531/1570726/398/hak-cipta-salingsapa-jadi-bahan-kontroversi/?i991102105
Maka tulisan saya di bawah ini jgn digubris, terimakasih
Pertama saya salut dengan bocah ini, namun setelah saya lakukan view source terhadap web jejaring social miliknya itu, ternyata menggunakan engine jcow.net
Pantas terasa aneh,  seorang bocah ingusan…