background img

The New Stuff

Makan Berlebih Bisa Terserang Kanker-Excess Can Eat Having Cancer

"okezone" MENGUDAP atau ngemil telah berubah menjadi kebiasaan yang umum dan kerap dilakukan banyak orang. Umumnya ngemil sering dilakukan saat menjelang makan malam atau larut malam. Alhasil, tak sedikit yang merasa bersalah usai mengonsumsi makanan favorit mereka. Namun, mengonsumsi makanan berlebih pun dapat memberikan konsekuensi yang merusak kesehatan.

Binge eating berbeda dari ngemil pada umumnya. Binge eating merupakan makan pada suatu periode tertentu, dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat daripada orang-orang pada umumnya, hingga pelakunya merasa benar-benar kenyang. 

Gangguan ini tidak hanya kebiasaan makan berlebih, tapi penderita juga tidak mampu mengontrol dan tidak mempunyai daya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Bahkan mereka menggambarkan makanan sebagai "teman", sehingga berat badan mengalami kenaikan drastis yang berujung pada obesitas.

Beberapa masalah medis yang dapat timbul akibat penyakit ini adalah diabetes tipe 2, osteoarthritis, kolesterol tinggi, hipertensi, penyakit jantung, serta beberapa jenis kanker. Kaum remaja adalah orang yang paling berpotensi menjadi binge eating. Penyakit ini memengaruhi seseorang secara mental dan fisik.

Sebelum Anda khawatir apakah termasuk dalam kategori binge eating, Anda bisa melihat gelaja-gejala binge eating berikut:

Makan dalam jumlah besar ketika tidak lapar

Makan sendiri untuk mengatasi emosi

Merasa bersalah, marah, atau malu setelah makan berlebihan

Makan jauh lebih cepat dari biasanya

Makan sampai kenyang

Jika Anda termasuk kategori binge eating, penting untuk mencari bantuan karena tentunya akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Konsultasikan terlebih dahulu pada ahli gizi yang dapat memberitahu Anda tentang bagaimana mengonsumsi makanan yang sehat dan bisa membantu menekan keinginan Anda untuk makan.

Jika rasa ingin makan Anda tidak terlalu besar, ada baiknya tetap mengikuti pola makan sehari-hari. Makanlah 5-6 dalam porsi kecil dalam satu hari. Ini berfungsi menghentikan rasa lapar dan menekan nafsu makan Anda. Makan sesering mungkin akan juga mencegah Anda dari kebiasaan makan berlebihan. Ketika Anda merasa perlu untuk kudapan, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Hindarilah junk food atau permen dan makanan lain yang biasanya Anda konsumsi. Sering kali ketika kita berpikir kita lapar, padahal sebenarnya kita hanya haus. Bawalah sebotol air setiap Anda bepergian, karena ini bisa membantu Anda untuk menekan nafsu makan Anda. Air tidak hanya baik untuk Anda, tetapi juga membuat hidup Anda lebih sehat.
(nsa)

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts