background img

The New Stuff

Membongkar Rahasia Pembuatan Jam Tangan Tangguh


Juragan Sekalian, ane beruntung sekali nih, ternyata trit ane yang dulu tentang Navy Seals make jam tangan khusus diliat ama pihak Luminox



Ane di kasih tahu sama pihak Luminox mengenai proses pembuatan jam tangan yang military banget itu gan plus sedikit liputan dari Baselworld 2010, nih rangkumannya gan mana tahu besok2 Indonesia tercinta juga bisa buat jam tangan kayak gini cekidot:
Ini situasi kota Basel di Swiss waktu acara Basel World tanggal 18-25 Maret 2010. Watch & Jewellery fair




Video Suasananya Basel Gan

Spoiler for Suasana Basel:



Gambar depan pabrik, namanya Mondain gan, kalo yang udah pernah ke Swiss pasti tahu Mondain, karena sangat terkenal disana.

Spoiler for Mondain:








Ini gambar di dalem pabriknya gan, pas ada visit dari distributor gan….

Spoiler for dalem pabrik:


Spoiler for video dalem pabrik:




Nah sekarang kita ngintip yuk gimana proses pembuatan jam tangan buatan swiss yang terkenal dalam kualitasnya ini


yang pertama adalah proses desain jam tangannya gan, membuat visualisasi dari detil-detil yang ada dengan tangan, dan dicocokin biar bagian jam yang satu dengan bagian jam yang lain agar bisa bekerja bersama-sama dan tidak ada cacat. Semuanya harus dipikirin disini, mulai dari strukturnya agar bisa tahan air, tapiiii yang paling penting adalah struktur estetikanya gan


Spoiler for design jam:

Maap gan gk bisa di tampilin karena gk boleh


langkah kedua adalah masuk kedalam ruangan sparepart dan pembuatan sample. Disini juga tempat pengujian sample dan sparepart. Apabila ada jam yang tidak lulus uji, maka tidak bisa keluar dari ruangan ini.

Spoiler for ruangan sparepart:












Apabila sudah lulus uji tahap 2 maka si Supervisor akan menyediakan material2 yang diperlukan termasuk sparepart dan melakukan pemasangan.

Spoiler for Penyediaan Material2 yang diperlukan:








Langkah selanjutnya adalah memasuki ruangan “Low Pressure room” dimana pemasangan tritium, jarum, mesin, case dan kaca dilakukan disini. Kenapa harus di “Low Pressure room”? karena dalam proses2 tersebut tidak bisa ada debu sedikit pun dan harus steril. Kalo agan perhatiin, mereka harus mengenakan pelapis sepatu warna biru sebelum masuk ke dalam LPR agar kotoran tidak masuk kedalam. Untuk kepala dan baju memang tidak memakai lapisan khusus karena dalam ruangan itu sudah ada filter khusus untuk menyedot debu dan kuman.

Spoiler for low pressure room:










Spoiler for video memasuki ruangan low pressure:





Selanjutnya adalah memasang tritium. Tahap ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan sangat aman. Di gambar keliatan ada pipa2 diatas meja pemasangan. Pipa2 besar itu berfungsi sebagai penyedot benda apapun yang ada di bawahnya apabila terjadi kebocoran hydrogen pada tritium. Bahkan saking kerasnya sedotan, meja dapat ikut menempel di pipa. Jadi safety banget gan.

Spoiler for video pemasangan tritium:



Tahap berikutnya adalah pemasangan jarum, pelat dan mesin menggunakan micro cam yang sangat canggih.

Spoiler for pemasangan jarum, pelat, dan mesin:









Spoiler for Video pemasangan jarum pake Kamera Micro Gan:



Pemasangan casing dan kaca
Spoiler for pemasangan casing dan kaca:










Pada tahap ke-8 ini dilakukan Quality Control pertama
Spoiler for Quality Control tahap I:












Ini adalah Quality Control tahap kedua, dimana Luminox di uji ketahanan tekanan terhadap udara dan air. Apabila tidak lulus, maka kembali ke tahap 2. Cairan orange itu harus tetap sama rata. Kalau gk rata berarti ada yang masuk air…

Alat yang digunakan canggih banget gan Ngiri

Spoiler for tes tahan tekanan udara dan air:
















Spoiler for video pengujian tekana udara dan air:



Yang ke sepuluh adalah Quality Control tahap 3 (gile banyak bener ya gan QC nya) . Dimana pada tahap ini adalah pengujian terhadap tritium yang dilakukan di tempat gelap untuk menguji nyala tritium. Pengujian nyala tritium sudah dilakukan sebelumnya. Pada tahap ini hanya QC karena sebelum dilakukan tes tekanan.

Pemasangan tali
Spoiler for pemasangan tali:







Tahap yang terakhir adalah Quality Control (lagi) untuk memastikan semua jam Luminox sempurna. Meskipun begitu ada 1-2 barang yang lolos QC. Itu mungkin terjadi karena semuanya dilakukan secara “Hand Made”. Dan pabrik memberi garansi selama 1 tahun untuk mengantisipasi barang yang cacat produksi.
Setelah itu barang dikirim ke warehouse(gudang) untuk selanjutnya di distribusikan ke negara2 lain.

Spoiler for QC terakhir:




Nah udah jadinya kayak gini gan ane juga baru googling nih Gan, ternyata teknologi penyamaan jarak antar jarum jam dengan kamera mikro baru ada satu2nya di Dunia





Sumber Disini

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts