background img

The New Stuff

Mengombinasikan Antara SMS Gateway Dengan PHP

Setelah bosen bermain-main dengan shop online,soceng,CC dan segala negatifitas dropper nya akhirnya saya nemuin mainan baru. Istilahnya sms gateway. Ga tahu artinya, yang pasti di sini kita memfungsikan komputer sebagai lalu-lintas data SMS.
SMS yang masuk bisa diolah dengan komputer trus kemudian komputer menentukan sms balasannya. SMS responder mungkin itu istilah yang tepat. Pernah tahu khan kaya' iklan-iklan di TV misalnya ketik cakill orang ganteng stock terakhir kirim ke 666 ada lagi yang kuis-kuis, trus lagi pengisian pulsa misalnya: epulsa vxl25 081666013666 schumbag

Pada artikel ini kita akan belajar bersama yang melalui wireless connection, berarti sms akan dikirim dari kartu gsm yang kita posisikan sebagai modem gsm. Dan maaf yang ip sms connection penulis belon nyoba..... :D
Berikut skema sistem yang akan saya bahas:



Berikut alat dan bahan yang harus kita sediakan (lihat skema di bagian your sistem):

1. 1 buah komputer; kita pakai OS Windows XP
penulis menggunakan Win XP di laptop Byon Centrino Duo, RAM 2G.
2. 1 buah gsm modem atau handphone yang bisa difungsikan sebagai gsm modem
penulis menggunakan Sony Ericsson K750i dengan nomor IM3
3. Kabel atau bluetooth untuk koneksi HP dengan komputer; penulis menggunakan kabel bawaan dari SE K750i
4. Driver atau PC suite handphone; penulis menggunakan PC suite yang sudah tersedia di paket penjualan SE K750i
5. 1 buah handphone untuk mengirim sms; penulis memakai Motorolla W150i dengan nomor Fren
6. 1 buah software sebagai gateway; kita pakai nowsms
7. apache, MySQL dan PHP; penulis memakai appserv 2.5.7

Langkah pertama yaitu menginstall appserv di komputer kita.

1. test di browser dengan mengetik http://localhost apakah sudah tampil?? Kalau sudah tampil berarti Webserver sudah bisa.
2. selanjutnya tes lagi ketik http://localhost/phpmyadmin. Kalau sudah jalan berarti PHP dan MySQLnya sudah berfungsi dengan baik

Langkah ke dua adalah menghubungkan HP dengan komputer. Jangan lupa menginstall juga driver atau PC Suite HP tersebut. Pastikan HP dan komputer sudah terhubung dengan baik.



Langkah ke tiga yaitu menginstall NowSMS. File installer Now SMS/MMS gateway ini cuman 7,42MB dan bisa diunduh dengan mudah di http://www.nowsms.com. Software ini berbayar tetapi kita bisa mencoba gratis dan full fungsional selama 60 hari. (Mmmm jamunya banyak tuh di internet... kalo pengen make terus xixixixi......)

Setelah kita install kita akan disuguhi interface seperti ini:



Langkah ke empat tambahkan modem gsm / HP kita ke situ.

1. klik Add
2. Pilih GSM Phone or Modem kemudian klik OK



Pilih modem kita dan isikan pin, di sini pin default SE adalah 1234. Dikosongi juga bisa. Klik Test and add modem. Kalau berhasil muncul tulisan modem successfully tested!!



Langkah ke lima adalah menyeting SMSC connection:

1. Klik SMSC di menu atas
2. Pilih SMSC connection kamu, dalah kasus ini yang baru ditambahkan adalah Sony Ericsson 750 USB WMC Modem.
Kalo ingin menambahkan devices lain ya tinggal ikuti langkah ke empat
3. Klik properties dan isikan nomer telepon di modem / HP SE K750i (dalam kasus ini yang nomer IM3)
4. check receive SMS Messages



5. Klik OK



Langkah ke enam adalah menjalankan SMS gateway service:

1. Klik Service di menu atas program now sms.
2. Kemudian check sms gateway run as a service.
3. Anda akan dimintai persetujuan dan nowsms akan restart dirinya secara otomatis untuk berjalan sebagai service.
berikut gambar now sms yang sudah berfungsi sebagi service:



Langkah ke tujuh adalah mencoba mengirim sms melalu web interface now sms:

1. Secara default now sms berjalan di localhost atau dengan ip address 127.0.0.1 dengan port 8800
2. Kita buka browser dan ketikkan alamat berikut: http://localhost:8800
3. akan muncul interface seperti ini:



4. Isikan phone number dan Text kemudian klik submit
5. Maka sms Anda akan terkirim ke nomer penerima



Apakah sudah puas dengan ini aja??? kalo belum mari kita hubungkan now sms dengan PHP dan MySQL. (Tapi maaf penulis mo bikin teh rosella dulu. haus...)

Menghubungkan now sms/ mms gateway dengan PHP dan MySQL
Skenarionya nanti sms akan dikirim dengan HP W150i yang berfungsi sebagi pengirim sms. Kemudian diterima HP K750i (gsm modem) yang diteruskan ke kompie diterima sms gateway yakni now sms kemudian diteruskan ke script php. Script PHP kemudian meneruskan menyimpan ke database MySQL.

langkah pertama yaitu membuat database mysql dengan nama nowsms

1. ketik http://localhost/phpmyadmin di browser untuk membuka phpmyadmin
2. ketik nama database, di sini kita paka nama now sms



kemudian masukkan kode sql ini untuk membuat tabel dengan nama inbox yang terdiri dari 2 column yaitu id dan isi


Code:
# CREATE TABLE `inbox` (  
# `id` int(5) NOT NULL auto_increment, 
# `isi` text NOT NULL, 
# PRIMARY KEY (`id`) 
# ) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=utf8 AUTO_INCREMENT=4 ;

berikut struktur datanya.... (maaf sederhana bgt untuk mempermudah pemahaman... )



Langkah ke dua adalah membuat script PHP yang bertugas memasukkan sms ke database MySQL

1. buka windows explorer untuk membuat direktori baru dengan nama nowsms
2. kalo di komputer penulis urlnya adalah C:AppServwwwnowsms



kemudian buat file dengan nama index.php yang isinya sebagai berikut:

Code:
// setting databasenya 
$db_host = "localhost"; 
$db_user = "root"; 
$db_pass = "sipit"; 
$db_name = "nowsms"; 
// menghubungkan dengan database 
$link = mysql_pconnect ($db_host, $db_user, $db_pass) or die ("Ga bisa connect"); 
mysql_select_db ($db_name) or die ("Ga bisa select database"); 
// trim inputan. ini dihilangkan juga tidak masalah 
$isi = trim($_GET["isi"]); 
//memasukkan ke table inbox 
$sql = "INSERT INTO inbox  
SET id='', 
isi='$isi'"; 
$query = mysql_query($sql) ; 
?>

4. Selesai (jangan lupa extensinya adalah *.php jadi kalau lewat notepad pilih save as typenya sebagai all file, kemudian beri nama index.php)

langkah ke tiga adalah mengatur setting di now sms

1. Pilih 2-Way di menu atasnya
2. Check process received sms message
3. Isi SMS command prefix dengan tanda bintang atau * atau asterix (*_*;)
maksudnya semua sms akan diproses. apabila ingin command prefix tertentu silahkan diisi misalnya AFI (sehingga nantinya akan memproses SMS yang berawalan dengan AFI saja)
4. isi Receive Phone Number(s) sesuai yang Anda isikan di SMSC connection tadi. (nomer IM3 yang di GSM Modem/ K750i)
5. Command execute isi dengan: http://localhost/nowsms/index.php?isi=@@FULLSMS@@
6. klik ADD
7. Klik APPLY
8. Jadi deh

Nanti apabila ada sms masuk ke HP / modem gprs kita maka otomatis akan terekam di database kita.

emang masih segini doang. Nantinya ini bisa dibikin auto respond sms. Bisa dihubungkan dengan YM ataupun iRC. Tergantung kreativitas kita..

Segini dulu.. kalo ada saran, masukan, sumbangan atau apa ja silahkan dikomentari .. Ntar artikelnya dilanjut lagi.

Co-Pas: http://devilzc0de.org 

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts