Langsung ke konten utama

Olahraga Aman untuk Ibu Hamil-Sports Safe for Your Baby

"Okezone" OLAHRAGA teratur bermanfaat untuk kesehatan Anda dan janin selama kehamilan. Tak hanya itu, olahraga selama hamil juga memberi peluang semakin besar untuk Anda terus menyertakannya sebagai bagian dari gaya hidup sehat setelah bayi Anda lahir.

"Latihan selama hamil membantu wanita tetap berpikir positif dalam menghadapi tekanan akibat kehamilan. Bahkan wanita mungkin memiliki tenaga lebih baik bila latihan teratur," kata Rebecca Scritchfield, ahli gizi, kesehatan, dan kebugaran ACSM health fitness, seperti dilansir Sheknows.

Kajian mengenai latihan atau olahraga selama kehamilan telah diungkap banyak ilmuwan beberapa tahun terakhir. Pada Agustus 2009, temuan yang dilaporkan dalam Journal of the American Academy of Orthopaedic Surgeons, mendorong wanita untuk memulai program kebugaran selama hamil—bahkan walaupun tidak dilakukan secara teratur.

Dua bulan kemudian, tepatnya Oktober 2009, sebuah studi tentang kebidanan & kandungan melaporkan, latihan selama kehamilan dapat menurunkan risiko berat badan bayi berlebihan saat dilahirkan. Itu berarti, olahraga yang Anda lakoni juga memberi manfaat langsung bayi.

Berat badan ideal untuk persalinan

Olahraga selama hamil tidak hanya mengontrol berat badan janin. "Latihan akan memerangi lemak (diendapkan dalam tubuh) yang berguna ketika Anda mencoba menurunkan sedikit berat badan untuk tujuan persalinan," kata John Williams, CEO EVO Health & Nutraceuticals Inc.

Williams menambahkan, mengelola berat badan selama kehamilan, membantu Anda menangkal ancaman gestational diabetes (diabetes selama kehamilan).

Olahraga selama hamil butuh penyesuaian

Kalau Anda khawatir dengan keselamatan janin, ada latihan sederhana yang bisa dilakoni untuk memperkuat otot-otot perut setelah trimester pertama. Tapi, Anda harus menghindari latihan yang berfokus di punggung.

Scritchfield menyarankan, mulai latihan dari intensitas rendah sampai sedang sampai sekira satu jam sehari, tetapi jangan memaksakan diri jika merasa tubuh sedang tidak fit.

"Program latihan terbaik adalah aerobik karena melatih kekuatan dan fleksibilitas. Sebenarnya, sebagian besar olahraga dapat dilakukan pada semua tahap kehamilan," tegas Scritchfield.

Lantas, olahraga apa yang terbaik untuk ibu hamil? Berikut di antaranya, seperti disarankan Scritchfield.

1. Kardio. Aerobik intensitas rendah hingga sedang, misalnya berjalan, berenang, jogging di air, dan bersepeda statis bermanfaat bagi kesehatan jantung, melegakan stres, dan menjaga berat badan kehamilan tetap proporsional.

2. Yoga. Prenatal yoga diajarkan oleh instruktur dengan pelatihan khusus untuk memasukkan gerakan-gerakan yang membantu proses kelahiran, dan untuk menghindari posisi kontraindikasi selama kehamilan.

Bicaralah dengan dokter sebelum memulai rutinitas kebugaran, dan dengarkan apa kata tentang keadaannya. Jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres, berhenti latihan.
(ftr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode-Kode Tersembunyi Pada Opera Mini

Ternyata opera mini yang kita kenal ini memiliki kode-kode rahasia. Mungkin tidak banyak yang mengetahui ini (mungkin lho). Untuk menggunakannya kita tinggal memasukan kode rahasia opera mini ke dalam url lalu klik Go to. Tanpa basa-basi langsung saja intip kode-kodenya. 1. about :config Disini kita bisa mengatur : * Large placeholder for images * Fit text to screen * Loading timeout * Site patches * Keep styling in RSS feeds * Show feedindex * Fold linklist * Phonenumber detection * Minimum phone number leght * Use bitmap fonts for complex script Setelah mengubah pengaturannya jangan lupa untuk menyimpannya (Save) 2. server:version Untuk melihat info: * Server status * Cookies and state * Serverside preferences * Client info * Request headers 3. opera:about Menampilkan informasi tentang opera mini, seperti pihak ketiga. 4. opera:blank Menampilkan layar kosong. 5. opera:cache Melihat semua cache pada opera mini. 6. server:reset Menghapus cache

Membuat Game Java Snake HQ Dengan Netbeans

Bagi anda yang suka java atau iseng-iseng ingin membuat game ini ada game sederhana yang patut anda coba. Oke, kita mulai. Pertama-tama, kita tentukan sampai mana target rancangan ini diselesaikan. Kebetulan karena ini iseng-iseng, saya cuma berniat sampai animasi sederhana dan deteksi tepi area agar kalau ular tersebut sampai di tepi, bisa tembus di sisi lain. Ini belum sampai deteksi dabrakan dengan dinding, makanan (apel), maupun tabrakan antara kepala dan badan ular tersebut. Karena itu, class utama yang kita butuhkan hanya 2, yaitu untuk panel utama game dan ular yang akan berjalan. Class tambahan lain, akan dibahas kemudian. Kita mulai dari class ular. Sementara ini, attribut yang kita butuhkan hanya koordinat ular, arah ular menghadap, dan panjang maksimal (bisa fleksibel nantinya). Sedangkan behaviour yang bisa dilakukan ular antara lain adalah mengubah arah menghadap, mengupdate koordinat seluruh anggota badan setiap berjalan, termasuk untuk tembus ke sisi lai

Logo Lambang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

 Logo KLHK Download Logo KLHK Google Drive dan Mega