background img

The New Stuff

Rajin Mandi, Sembuhkan Penyakit

Ada penelitian tentang mandi, ternyata mandi tidak hanya membersikan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tetapi mandi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa penderita diabetes yang menghabiskan waktu 1/2 jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%. Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka mengatasi test olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Apa lagi manfaat mandi yang lain dan berapa lama mandi yang ideal, ini informasinya:

1. Mengeluarkan racun


Mandi air hangat dengan suhu 32-35 derajat celsius dapat membuka pori-pori yang membantu mengeluarkan toksin/racun, selain itu dapat menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.

2. Stress


Mandi air dingin dengan suhu 12-18 derajat celsius dapat meredam ketegangan otot, tetapi perlu diperhatikan dengan mandi air dingin dapat mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

3. Eksema


Penyakit kulit tertentu seperti eksema atau ruam (peradangan di kulit yang terasa gatal) dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) kedalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbonate berfungsi sebagai antiseptik.
Caranya: Gunakan air hangat kuku, tambahkan 1 pound baking soda dan aduk sampai rata. Anjuran untuk berendam selama 10-20 menit.

4. Infeksi



Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan 3 atau 4 cuka apple (apple cider vinegar) ke dalam bak mandi, selain itu baik juga untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.


5. Flu dan Sakit Kepala


Merendam kaki dengan air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala serta menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat ke dalam bak secukupnya, sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Lakukan selama 10-20 menit, setelah selesai basuh dengan air dingin.

6. Insomnia



Rendam kaki dengan air dingin sampai kaki terasa dingin, selain untuk mereka yang sulit tidur (insomnia) juga berguna unutk menghilangkan rasa letih pada kaki, menghentikan pendarahan pada hitung, flu dan sembelit.

7. Memperlancar Sirkulasi Darah


Bila Anda mengalami masalah pada sirkulasi darah, rendamlah kaki dengan air hangat selama 1-2 menit, kemudia rendam kembali kaki Anda dengan air dingin selama 30 menit. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselasaikan dengan air hangat.

Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts