background img

The New Stuff

50 Fakta Teraneh

Pada 1845 kota Boston, Massachusetts mengeluarkan peraturan yang melarang orang mandi kecuali bila diperintahkan oleh dokter dalam resepnya, unik bukan?
Temukan keunikan lainnya dalam 50 kejadian terunik lainnya di berbagai belahan dunia.

1. Pemenang Penghargaan Nobel dalam Sastra, Elias Canetti, mengarang buku Die Blendung pada 1935 yang tokoh utamanya bernama Fischer. Fischer bercita-cita menjadi juara catur dunia dan membeli pakaian dari penjahit terbaik di dunia. Pada 1970, Bobby Fischer merebut gelar juara catur se-dunia.”


2. Gurun Namib adalah gurun pasir tertua di dunia, dan satu-satunya gurun yang dihuni oleh gajah, badak, jerapah, dan singa.


3. Ribuan pendukung tim sepak bola Argentina gagal menonton pertandingan final pada 1930, karena kapal-kapal mereka tertunda oleh kabut yang sangat tebal. Delapan dari sepuluh kapal yang dicarter tidak dapat tiba pada waktunya. Untunglah wasit pertandingan menumpang kapal pertama yang tiba di tujuan.”


4. Emerson Moser, pembuat krayon dari Crayola LLC, mengungkapkan pada saat pensiunnya bahwa ia buta warna biru-hijau dan karena itu ia tidak dapat mengenali seluruh warna krayon yang diproduksi perusahaannya. Moser mencetak lebih dari 1,4 milyar krayon selama kariernya yang berlangsung 37 tahun!”


5. Kedua sisi otak lumba-lumba bekerja secara terpisah. Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Dengan demikian lumba-lumba bisa tidur selama 8 jam tanpa harus berhenti secara fisik.”


6. 14 tahun sebelum kapal Titanic berlayar pada bulan April 1912 dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York City, terbit novel yang berjudul “Futility”. Kisahnya adalah tentang sebuah kapal mewah terbesar di dunia yang tak bisa tenggelam dan berlayar di Samudera Atlantik!”


7. Albatros meminum air laut. Burung ini mempunyai alat khusus di dalam tubuhnya yang dapat memisahkan garam dan kemudian mengeluarkannya dari tubuhnya.


8. Majalah Chocolatier yang terbit empat kali dalam sebulan di Amerika Serikat mengkhususkan diri dalam menerbitkan segala sesuatu yang berkaitan dengan cokelat.


9. Novel “Futility” mengisahkan kapal yang mirip dengan Titanic. Seperti Titanic, para penumpang kapal ini adalah para warga kelas atas masyarakat. Kapal ini juga tidak mempunyai cukup sekoci. Menurut cerita, pada malam bulan April yang dingin, kapal itu menabrak sebuah gunung es dan tenggelam di Atlantik. Nama kapal dalam novel karya Morgan Robertson ini adalah The Titan!”


10. Serikat Sutradara Amerika mengadakan pemogokan pada 14 Juli 1987 di Hollywood, California, terhadap Warner Brothers dan Columbia Pictures pada pk. 6.00 pagi. Lima menit kemudian, pada pk. 6.05 hari yang sama, tercapailah kesepakatan kontrak film dan televisi.”


11. Pada 1845 kota Boston, Massachusetts mengeluarkan peraturan yang melarang orang mandi kecuali bila diperintahkan oleh dokter dalam resepnya


12. Emily Dickinson menulis lebih dari 900 buah puisi, namun hanya empat yang diterbitkan selama hidupnya.


13. Hoatzin , burung berwarna hijau zaitun dari Amerika Selatan, mempunyai dua cakar pada masing-masing sayapnya pada waktu masih kecil. Bila diganggu, bayi burung ini akan menjatuhkan diri ke air, lalu dengan sayap bercakarnya ia akan memanjat kembali ke sarangnya.”


14. di Milano, Italia ada peraturan yang mewajibkan warganya untuk selalu tersenyum. Pengecualian diberikan bagi mereka yang mengunjungi pasien di rumah sakit atau menghadiri pemakaman. Pelanggar akan didenda sebesar AS$100.”


15. Nama keluarga yang paling umum dari para peserta dalam Kejuaraan Sepak Bola Dunia adalah Gonzalez atau Gonzales.


16. Margaret Higgins Sanger, seorang perintis keluarga berencana, mempunyai 10 orang saudara kandung, sementara ibunya pernah hamil 18 kali.


17. Setiap tahun orang Amerika mengeluarkan lebih banyak uang untuk makanan anjing daripada untuk makanan bayi.


18. Ketika menciptakan skalanya, Anders Celsius menetapkan 100 derajat sebagai titik beku, sementara 0 derajat sebagai titik didih. Baru setelah ia meninggal dunia, rekan-rekan ilmuwannya mengubah skala tersebut.”


19. Jika matahari berdiameter satu inci (2,54 cm), maka bintang terdekat akan berjarak 445 mil (sekitar 716 km) jauhnya.


20. Puncak Menara Eiffel dapat berayun hingga 6-7 cm karena angin dan 18 cm karena panas.


21. Lem di perangko-perangko di Israel bersertifikat kosher.


22. Setelah makan, kucing selalu menjilati dirinya sendiri. Ini disebabkan nalurinya mengatakan bahwa mereka harus menghilangkan bau makanan dari diri mereka, agar pemangsa mereka tidak akan mencium bau makanan itu, dan mencari mereka untuk memakannya.”


23. Bulutangkis adalah olahraga raket yang paling cepat di dunia. Kok bulutangkis dapat melaju dengan kecepatan hampir 480 km per jam!”


24. Dalam keluarga Johann Sebastian Bach ada sekurang-kurangnya 52 orang musikus.


25. Orson Welles menciptakan film Citizen Kane ketika ia baru berusia 25 tahun. Film ini dianggap salah satu film terbaik oleh banyak kritikus film.”


26. Negara bagian Hawaii mempunyai tingkat persentase kremasi tertinggi di seluruh Amerika Serikat. Sebanyak 60,6% warga Hawaii lebih memilih cara tersebut dibandingkan dengan pemakaman.”


27. Hanya sekitar 30% remaja lelaki mengenakan cairan pelindung dari sinar matahari bila berenang, sementara 46% remaja perempuan mengenakannya.


28. Dibutuhkan 120 tetes air untuk memenuhi satu sendok teh.


29. Bintang komedi Lucille Ball, yang terkenal dengan filmnya I Love Lucy, dikeluarkan dari sekolah drama di New York City ketika ia berusia 15 tahun, karena dianggap terlalu pendiam dan pemalu.


30. Menurut kepala juru masak di PBB, presiden Islandia makan ikan setiap hari untuk makan siangnya sementara ratu Denmark menyukai masakan Jepang.


31. Di Australia topping pizza yang paling disukai adalah telur. Sementara di Chili favoritnya adalah kerang, dan di AS pepperoni.


32. Di Jerman pernah diterbitkan sebuah buku yang berjudul Nasihat untuk Para Penonton Pertandingan Catur. Semua halaman buku ini kosong, kecuali halaman yang paling terakhir yang berisi tulisan Dilarang berbicara.”


33. Pada awal abad ke-20 kebanyakan bola lampu dibuat dengan tangan, sehingga harganya mencapai kira-kira setengah gaji satu hari dari rata-rata seorang pekerja di AS.


34. Keanu Reeves berlatih olahraga bela diri selama empat bulan di bawah bimbingan seorang pakarnya sebelum pembuatan film The Matrix tahun 1999.


35. James Abram Garfield, presiden ke-20 AS, ditembak hanya 131 hari setelah ia menjabat sebagai presiden. Ia meninggal dua bulan kemudian karena darahnya keracunan. Dokter berkali-kali mencari-cari peluru yang ada di tubuhnya dengan peralatan yang tidak steril.”


36. Sutradara Alfred Hitchcock menggunakan sirop cokelat sebagai darah dalam adegan pembunuhan di kamar mandi dalam film Psycho. Adegan 45 detik ini membutuhkan waktu 7 hari untuk membuatnya!”


37. Ottó Bláthy menciptakan problem catur yang paling panjang. Lawan akan mati dalam 290 langkah!”


38. Di Central Park, sebuah taman di New York City terdapat sekurang-kurangnya 226.000 batang pohon.


39. Gedung parlemen Australia yang baru di Canberra adalah salah satu gedung terbesar di bumi bagian selatan. Bangunannya sendiri mencakup hampir 15% dari total 32 hektare luas tanahnya, dan mempunyai 4.500 ruangan. Luas lantainya sekitar 250.000m².”


40. Dasi pertama kali dikenakan oleh orang Kroasia. Para tentara bayaran Kroasia mengenakan dasi ini di Perancis dan menimbulkan rasa ingin tahu warga Paris. Karena itulah ia dalam bahasa Perancis disebut cravate yang merupakan kesalahan pelafalan dari “Croat” — Bahasa Kroasia “Hrvat”.


41. Lebih dari sepertiga orang dewasa mematikan alarm jam weker mereka setiap pagi, rata-rata tiga kali sebelum mereka bangun. Yang paling sering melakukan ini adalah mereka yang berusia 25-34 tahun.”


42. Untuk mencegah pemborosan, kelebihan makan dan pencemaran air, ikan di akuarium harus diberi makan dua kali sehari dengan jumlah makanan yang dapat dihabisi dalam waktu lima menit.


43. Kebanyakan burung harus makan sekurang-kurangnya setengah berat badan mereka setiap hari.


44. Seorang tukang pos di Amerika Serikat rata-rata mengantarkan surat ke 300 alamat. Hal ini sebanding dengan melakukan 600 rangkaian langkah aerobik setiap harinya.”


45. Ikan paus kelabu bermigrasi sekitar 20.000 km setiap tahunnya. Ini adalah migrasi terjauh yang dilakukan oleh seekor mamalia.”


46. Antarktika adalah satu-satunya benua yang tak memiliki reptil ataupun ular.


47. Sebelum menjadi bintang film, Humphrey Bogart sering menantang siapa saja bermain catur 5 menit dengan biaya 50 sen untuk sekali main di Times Square, New York City. Pada 1943 FBI melarangnya bermain catur lewat pos, karena menyangka notasi caturnya adalah kode-kode rahasia.”


48. Pada Abad Pertengahan orang-orang muda mengambil sebuah nama dari sebuah bejana untuk melihat siapakah Valentine mereka. Nama ini lalu disimpan di lengan baju mereka selama seminggu.”


49. Ada kepercayaan di masa lampau bahwa pada hari Valentine, seorang gadis kelak akan menikahi lelaki lajang pertama yang ia jumpai pada hari itu.”


50. Seorang gadis dapat mencari tahu siapa calon suaminya dengan pergi ke makam St. Valentinus pada tengah malam menjelang perayaan tersebut. Ia kemudian harus menyanyikan suatu lagu yang telah ditentukan dan lari mengelilingi gereja sebanyak 12 kali!”
*hokya.co.cc


0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts