background img

The New Stuff

Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien

Sebagai seorang insanpembelajar seperti saya :) maka kita harus belajar dengan cara yang benar-benar efektif agar apa yang kita pelajari dapat mengena pada diri kita , bukan hanya bisa sesaat kemudian lupa . Belajar efektif adalah sistem belajar yang bisa membuat kita paham akan apa yang kita pelajari .

Belajar efektif dapat menambah pengetahuan kita . Kalau kita belajar dengan membaca atau mendengarkan maka cara belajar efektif akan menambah wawasan kita . Kalau kita belajar dari kegagalan maka cara belajar efektif akan membuat kita tidak akan mengulangi lagi kegagalan itu . Sehingga belajar efektif sangat dibutuhkan dalam semua sisi pembelajaran .

Nah bagaimanakah cara belajar efektif itu ?

1. Kamu harus dalam keadaan tenang .
Jangan memaksakan diri untuk belajar . Membaca buku pelajaran misalnya . Kamu harus ikhlas dengan kegiatan belajar kamu . Kalau kamu belum benar-benar ikhlas untuk belajar sebaiknya kamu urungkan niat kamu untuk belajar , karena belajar kamu akan sia-sia .

2. Belajar di tempat yang nyaman .
Jika saat kamu mau belajar sedangkan di sebelah kanan-kiri kamu ada adik-adik kamu misalnya sedang ramai sendiri maka berpindahlah ke tempat yang nyaman . Jangan biarkan sesuatu mengganggu kamu agar kamu lebih berkonsentrasi pada apa yang kamu pelajari . Guru saya pernah mengatakan bahwa dia pernah belajar di sawah karena ia suka dengan sawah . Saya juga pernah belajar di tepi sungai karena saya suka tempat itu . Intinya adalah belajarlah di tempat-tempat yang kamu sukai karena kamu akan mendapatkan ketenangan disana .

3. Baca sedikit lalu pahami
Yup .. Jangan terus-terusan membaca materi yang kamu pelajari . Bacalah sedikit-sedikit . Satu paragraf misalnya , kemudian kamu pahami maksud dari yang kamu baca tersebut . Ini akan sangat efektif bagi kamu dibandingkan jika kamu hanya membaca dan membaca tanpa paham maksud dari bacaan kamu .

4. Tandai hal-hal penting
Jika kamu menemukan suatu istilah asing atau sebuah kalimat penting , kamu bisa menandainya dengan menggarisbawahi atau mencoret dengan spidol atau terserah kamu . Hal ini akan membantu kamu menemukan kembali materi yang penting menurut kamu jika suatu saat kamu membacanya kembali .

5. Bertanya kepada yang lebih tahu
Setelah kamu membaca dan memahami , tapi ternyata kamu belum paham-paham juga :) , kali ini saatnya kamu bertanya kepada orang yang kamu anggap lebih mampu atau menguasai materi tersebut . Kamu bisa coba bertanya pada kakak, temen , or guru kamu . Jangan malu bertanya ya .. malu bertanya sesat dijalan .

6. Belajar lagi dan lagi
Apa maksudnya ? supaya kamu sangat-sangat paham dengan materi yang kamu pelajari , kamu harus mempelajarinya berulang-ulang . Kalau tadi pagi disekolah kamu baru saja dijelaskan oleh gurumu tentang trigonometri . Sepulang sekolah kamu bisa membacanya kembali supaya kamu lebih paham dengan materi itu . Kamu juga bisa mengerjakan soal-soalnya tentang trigonometri tadi . Ini akan membantu kamu mempertahankan ingatan kamu tentang materi pelajaran .

Oke itu tadi tips cara belajar efektif menurut saya . Saran saya , jika kamu masih SMP sebaiknya kamu banyak belajar dan menghafal pelajaran di sekolah karena di usia itu kamu belum banyak terbebani dengan masalah-masalah lain diluar sekolah sehingga kamu akan lebih mudah belajar dan menghafal . Nanti kalau kamu sudah SMA atau kuliah akan lebih sulit lagi untuk belajar dan menghafal . Dan tentu harus merubah cara belajarnya .

Dan buat kamu yang sudah SMA seperti saya ini , teruslah belajar . Tapi yang paling penting adalah belajarlah ilmu masyarakat . Belajarlah bagaimana berkomunikasi dengan masyarakat . Belajarlah menjadi orang yang baik dimasyarakat disamping belajar terus materi disekolah .

Buat yang sudah lulus sekolah ya harus terus belajar . Belajar dari pengalaman , belajar dari kegagalan , serta belajar untuk sukses dan bahagia .

Jadilah orang yang tidak pernah puas dengan ilmu yang dimiliki !


sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts