background img

The New Stuff

Mie Dingin Dari Negeri Sakura

mie dingin ini berasal dari negeri sebrang . namanya raengmyon , makanan yang satu ini sangat populer di pyongyang .

pasti anda berfikira aneh tentang makanan ini yah . mie kok dingin mana enak .. eittss tunggu dulu

ada sebuah anekdot populer yang menyebutkan bahwa orang korea yang tinggal di selatan rela menyebrangi perbatasan demu mi dingin ini lho . jadi penasaran kaya gimana sih mi dingin itu ?
simak sedikit ceritanya ..

tempat terbaik menyantap mie dingin adalah di restoran Okryu , restoran ini ramai sekali. bahkan banyak rombongan khusus yang datang kesini dengan menggunakan bus lho beramai ramai .
disini orang orang harus antre untuk mendapatkan tempat duduk.

tapi untuk kita yang pendatang asing / tamu asing biasanya di sediakan tempat privelese tak harus mengantrii , curang sih tapi ini lah keunikannya .

biasanya sebelum mie nya datang kita disuguhi dengan makanan pembuka seperti penekuk dan ikan lele, ada yang unik cara makan ikan lelenya . jadi ikan lele di suir suir dahulu setelah itu di celupkan ke kecap (saya bilang begitu) pembuka yang seperti ini lah yang disebut mantap , kenapa dari lelenya itu kering dan gurih ditambah kecapnya jadi makin top .

setelah beberapa menit kita menunggu datang lah yang namanya mi dingin ini ..



kok gak ada kuahnya ? aneh ya ?
sedikit info .. di mi dingin ini kuahnya adalah cita rasa terbesar dari mi ini .. kuahnya rasanya sangat enak . berbeda dengan mi mana pun yang pernah saya coba .


kuahnya udah di masukin jadi seperti ini ..

rasa dari kuahnya sendiri itu seperti kalau kita minum es tapi ada rasa gurih sekaligus yang memenuhi rongga mulut ,dan juga mie nya sangat kenyal sekali , enak dikunyahnya ..
ada lagi info sedikit nih .. kalo kuahnya udah berkurang , pramusaji akan menambahkan kuahnya dari ceret .. begitu ...

==================================================

itu versi pyongyang kalo versi jepang ? ada kok , ini ni ..

Semua orang tahu kalau lagi udara panas pengen yang seger seger. Orang Indonesia minum juice atau es buah sebagai peneman makan utama untuk menurunkan suhu badan. Di Jepang tidak hanya minuman yang disajikan dingin, salah satunya seperti foto dibawah ini. Namanya Hiyashi chuka.

Spoiler for pic:


Isinya mie kuning basah yang sebelum disajikan direndam dulu dengan es batu. Lauknya irisan telor dadar, timun, tomat, sosis atau sayuran lain yang semuanya direndam air es. Saus siramnya tergantung selera, biasanya kecap cuka wijen.

pasti otak setelah melihat langsung merespon menolak secara mienya dingin gak ada kuah telor kaya setangah mateng .. ini kaya bahan mentah yang baru di ambil dari kulkas ya .. eitss tapi tunggu dulu ternyata mienya ini sangat halus jika dikunyah dan ditelan tidak akan tersumbat tenggorokan kita karena mie ini .. rasanya juga maknyos mantep bener gurih kenyal pokoknya ditanggung gak akan berkeringat deh ..

Spoiler for pic:

Spoiler for pic:

Spoiler for pic:

Spoiler for pic:


pasti udah ada yang coba ya yang diatas ini tepat di atas . namanya Hiyashi soumen di baca soumeng .
itu soumennya terdiri dari bahan kecap, sake dan kaldu ikan .

sekian ..

Ada yang pengen mencoba?


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts