Langsung ke konten utama

Nyeri Saat Haid

Banyak kaum hawa mengeluh nyeri di perut saat haid. Keluhan yang nyaris rutin dialami ini bervariasi intensitasnya dan berbeda untuk setiap orang. Sebagian hanya merasakan nyeri ringan, tetapi sebagian lainnya merasakan nyeri sangat hebat, perut seperti diremas-remas, muntah-muntah, bahkan sampai demam dan sakit kepala.
Primer dan Sekunder
Nyeri haid kerap juga disebut dengan dismenorea, artinya rasa nyeri saat menstruasi. Penderitanya cukup banyak. Diperkirakan sekitar 50% lebih wanita usia subur mengalami gangguan ini. Walaupun tidak membahayakan, dismenorea dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya.
Oleh para ahli, dismenorea dibagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Disebut dismenorea primer jika nyeri yang timbul tidak diketahui penyebabnya. Sedangkan jika nyeri haid dapat diidentifikasi penyebabnya disebut sekunder. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan dismenorea sekunder adalah endometriosis, fibroid (mioma), adenomiosis, penyakit peradangan panggul kronik, IUD, dll.
Dismenorea primer biasanya mulai terjadi pada 6 – 12 bulan setelah haid pertama kali. Saat haid, sel endometrium yang melapisi dinding dalam rahim akan melepaskan zat prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot rahim (miometrium) dan kontraksi pembuluh darah (vasokonstriksi). Akibatnya terjadi iskemia rahim yang dirasakan sebagai nyeri.
Dismenorea sekunder dapat terjadi pada haid mana saja, biasanya di umur 20an atau 30an. Pada dismenorea ini, haid sebelumnya berlangsung normal dan relatif tidak nyeri. Peningkatan prostaglandin seperti halnya pada dismenorea primer juga diduga berperan pada dismenorea sekunder, tetapi penyebab utamanya adalah adanya gangguan pada organ reproduksi.
Lebih lanjut untuk membedakan dismenorea primer dan sekunder, berikut kami kutip tulisan dari Medscape (http://emedicine.medscape.com) :
Dismenorea Primer :
  • Terjadi dalam 6 – 12 bulan setelah haid pertama
  • Nyeri perut atau panggul muncul saat haid dan hilang setelah 8 – 72 jam.
  • Nyeri punggung bawah
  • Nyeri paha depan atau tengah
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Mual / muntah
Dismenorea Sekunder
  • Terjadi pada dekade 20an atau 30an, setelah periode haid sebelumnya tidak ada nyeri.
  • Infertil (mandul)
  • Darah haid banyak atau tidak teratur
  • Nyeri saat berhubungan seksual (dispareunia)
  • Keluar cairan dari vagina
  • Nyeri perut atau panggul di masa-masa tidak haid
  • Nyeri tidak berkurang dengan pemberian obat antiinflamasi non steroid
Mengurangi Nyeri dengan Pil KB
Sebagian besar penderita dismenorea mengobati sendiri penyakitnya dengan analgesik atau obat pereda nyeri non steroid yang dijual bebas. Strategi ini cukup efektif untuk mengurangi nyeri haid pada dismenorea primer.
Jika pemberian analgesik atau pereda nyeri non steroid tidak mempan dan rasa nyeri yang timbul sangat hebat, maka dapat digunakan pereda nyeri jenis narkotika. Tentunya, pemberiannya harus dilakukan di rumah sakit dan oleh dokter yang berkompeten.
Langkah lain yang dapat ditempuh adalah dengan mengkonsumsi pil KB. Dengan demikian, ovulasi dapat dicegah dan darah menstruasi semakin sedikit, sehingga nyeri akan berkurang.
Sedangkan untuk dismenorea sekunder, penyakit yang mendasarinya harus diatasi. Jika akibat IUD, maka alat tersebut harus dilepas. Jika terjadi karena fibroid atau mioma, pengangkatan mioma melalui operasi dapat dipertimbangkan. Pendeknya, strategi pengobatannya tergantung dengan sifat penyakit penyebabnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mainan Baling-Baling/ Kitiran Lebah Dari Bambu

Bahan-bahan untuk membuat kincir lebah adalah sebagai berikut :

a. bambu diserut dengan lebar kira-kira 1 cm
b. bambu diserut hingga lentur (seperti rangka layang-layang)
c. bambu diserut bulat (diameter sedotan) dengan panjang kira-kira 15 cm
d. bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
e. karton penyangga bagian dalam bungkus rokok
f. benang
g. karet gelang
h. 2 potongan kaleng yang dibengkokkan
i. potongan sedotan secukupnya
selain bahan di atas siapkan pula peralatan seperti gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, serta spidol.
sebelum membuatnya, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :
A. Ambil bambu serut yang besar (bambu a)kemudian patahkan (tidak putus) seperti gambar di bawah ini

setelah dibengkokkan, maka dibuat lubang yang berhadapan seperti dalam gambar di atas.
B. bambu c di belah penampangnya. Ujung yang satu dibelah dua sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya dibelah empat.

masukkan potongan kaleng be…

Cara Membuat Mainan Mobil Etek-Etek Dari Bambu

Bahan-Bahannya :
Bambu belahsandal bekas, dibuat menjadi 4 buah roda2 unit bambu bulat (diameter 1 cm; panjang 2 cm), bisa pula menggunakan bekas spidol gambarkayu/banbu  panjang (kira-kira 1 meter)1 kaleng bekas susu utuh (kaleng besar : susu kental manis)1/4 bagian kaleng susu kecil merk Bearbrand2 lembaran kaleng tebal (bisa dari kaleng susu kental manis) berukuran 1 cm x 2 cm, dan dibengkokkan/ditekuk 90 derajat. karet gelang secukupnyaCara Membuat :
Bambu belah di potong-potong menjadi gambar berikut

potongan bambu belah sedangkan bahan yang disiapkan menjadi seperti ini

bahan lain yang disiapkan rangkai semua bahan sebagai berikut :
a.  ambil 2 potong bambu no. 1, dan 1 potong bambu no. 2, rangkai seperti gambar, dan diikat dengan karet.

bambu no. 1 & 2 b.  tambahkan bambu no. 3 pada sisi rangkaian di atas

tambah bambu no.3 c.  ikat bambu no.4 pada kira-kira sepertiga bagian paling atas rangkaian.  dan ikatkan dua bambu bulat seperti pada gambar di bawah ini

tambah bambu no. 4 dan b…

Bocah-Bocah Yang Mendadak Terkenal di TV Karena Jago IT Ternyata "Berbohong"?

1. Pembuat salingsapa.com (Muhammad Yahya Harlan)

Source Salingsapa.com Ralat karena pernyataan Yan Harlan (ayah Muhammad Yahya Harlan)
“Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” pada Minggu malam 13 Februari 2011
Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata ‘powered by JCow‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini.
Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut.
sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/14/114531/1570726/398/hak-cipta-salingsapa-jadi-bahan-kontroversi/?i991102105
Maka tulisan saya di bawah ini jgn digubris, terimakasih
Pertama saya salut dengan bocah ini, namun setelah saya lakukan view source terhadap web jejaring social miliknya itu, ternyata menggunakan engine jcow.net
Pantas terasa aneh,  seorang bocah ingusan…