background img

The New Stuff

Penyebab Utama Kanker Mulut Rahim

Penyebab utama kanker mulut rahim adalah infeksi virus HPV (human papilloma virus). Jenis virus yang paling bertanggung jawab adalah HPV tipe 16 dan 18. Tipe lainnya dapat menyebabkan kutil kelamin, kutil kulit, dll.

Infeksi HPV kronis akan mengubah perilaku sel di permukaan mulut rahim menjadi tidak terkendali. Sel-sel tersebut akan membelah terus menerus dan tidak mati. Pada sel normal, pembelahan hanya terjadi saat dibutuhkan dan suatu saat akan mengalami kematian sel, yang kemudian diganti oleh sel baru. Akibat pertumbuhan tidak terkendali, sel mulut rahim akan rusak. Tidak hanya sampai di situ, sel akan menyebar ke jaringan sekitarnya misalnya ke rahim, saluran pencernaan, saluran kemih, dll dan menimbulkan gangguan. Bahkan dapat mengalami penyebaran jauh ke anggota tubuh lainnya melalui aliran darah.

Perlu diketahui bahwa sebagian besar wanita pernah terinfeksi oleh virus ini, tapi hanya pada beberapa orang saja infeksi virus ini akan berkembang menjadi kanker mulut rahim.

Catatan penting lainnya adalah, karena kanker mulut rahim disebabkan oleh virus, maka dapat terjadi penularan terutama melalui hubungan seksual. Semakin sering bergonta-ganti pasangan, maka semakin besar pula kemungkinan terkena infeksi virus ini.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts