background img

The New Stuff

Seniman Dengan Hasil Tak Terlihat

Salah kalau mengira Liu adalah manusia bunglon jadi-jadian.



Liu Bolin adalah seorang seniman yang bisa ‘menghilang’ atau bercampur jadi satu dengan lingkungan disekitarnya, seperti bunglon.

Saking pintarnya seniman 36 tahun itu menyatu atau berbaur dengan segala macam latar belakang yang ada di belakangnya, orang-orang yang melewatinya bakalan gak sadar kalau didekat mereka ada Liu Bolin kecuali jika Liu bergerak atau pindah.

Lalu gimana bisa Liu menyatu latar belakang disekitarnya nih?
untuk menciptakan kreasinya itu, Liu Boling menggunakan tubuhnya sendiri sebagai kanvas, mengecat dirinya seperti latar belakang atau background tempat dia bakal menyatu.
Dan untuk melakukan karyanya- seperti berbaur di telepon umum atau bekas reruntuhan gempa - butuh sekitar 10 jam buat Liu menyelesaikan karya seninya itu.

“Beberapa orang menyebutku pria yang tak terlihat (invisible man) tapi buatku itu adalah apa yang gak terlihat di sebuah foto yang menceritakan kisahnya,” ujar Liu.

En gimana bisa Liu jadi seorang seniman ‘invisible’ ya?

Berawal dari pemerintah Cina yang ‘mengusir’ studio miliknya, pengalaman itu akhirnya membuat Liu dari Shandong, Cina itu mendapatkan inspirasi untuk ‘bersembunyi’.

“Pemindahan paksa itu merupakan inspirasi langsung dari berbagai hasil foto-foto ini,’Hiding in the City’ ujar Liu.

sumber:metro.co.uk

0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts