Langsung ke konten utama

Jika Kondom Tertinggal Dalam Sangkar

Setelah berhubungan seksual, tidak jarang pria kebingungan mencari kondom yang tadinya melekat di bagian kelaminnya tiba-tiba raib. Setelah beberapa saat barulah tersadar bahwa kondom terjebak di dalam kelamin si wanita.

“Kalau lepas, ya tinggal ambil saja. Panjang vagina wanita kan hanya sekitar 14 cm jadi masih bisa terjangkau dengan tangan. Tapi kalau kesusahan, sebaiknya kunjungi dokter ahli untuk mendapat bantuan,” kata dr Ifzal Asril SpOG.

Penelitian menunjukkan bahwa kondom jarang terlepas secara penuh pada saat berhubungan seksual. Rata-rata hanya 2 persen saja kasus kondom lepas selama berhubungan seksual. Itu pun dikarenakan pemakaian yang tidak tepat.

Namun menurut dr Ifzal, penyebab utama kondom lepas dalam vagina justru lebih banyak karena tidak segera menarik penis setelah berhubungan intim.


“Setelah ejakulasi dan berhubungan, harusnya penis langsung ditarik dari vagina. Jika tidak, penis yang mengecil akan membuat pemakaian kondom melonggar dan akhirnya tidak terbawa saat penis ditarik. Jadi setelah ejakulasi jangan membiarkan penis lama-lama di dalam vagina,” jelas dokter lulusan FKUI.

Terlepasnya kondom pada saat penarikan (penis ditarik dari vagina) setelah ejakulasi dapat diminimalisasi jika lingkaran kondom dipegang pada saat penarikan. Bagaimanapun juga, jika kondom terlepas, sebenarnya tidak akan jauh masuk ke dalam vagina dan dapat ditarik langsung tanpa operasi.

Penyebab lainnya yang membuat kondom lepas menurut dr Ifzal adalah ukuran kondom yang tidak sesuai dengan penis.

Jika laki-laki sadar bahwa kondom terlepas, dia harus mengatakan kepada pasangannya supaya bisa cepat meminum pil kontrasepsi darurat (Emergency Contraceptive Pill/ECP) jika tidak ingin terjadi kehamilan.

Kandungan dalam pil ECP adalah hormon estrogen dan sejumlah progestin yang bisa menurunkan risiko hamil setelah hubungan intim yang tidak terlindungi. Pil ECP sangat efektif bekerja jika diminum tidak lebih dari 3 hari atau 72 jam setelah melakukan seks.

“Banyak yang jual pil kontrasepsi darurat dan khasiatnya cukup efektif mencegah kehamilan. Bisa juga dengan cara membilas dan memberi cairan spermisit pada vagina segera setelah kondom diambil dari dalam vagina,” tutur Dr Ifzal yang kini berpraktik di RSAB Hermina Jatinegara.

Namun yang perlu diketahui, fungsi utama pil ECP adalah untuk mencegah kehamilan, bukan untuk merusak janin atau menggugurkan kandungan yang sudah terbentuk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mainan Baling-Baling/ Kitiran Lebah Dari Bambu

Bahan-bahan untuk membuat kincir lebah adalah sebagai berikut :

a. bambu diserut dengan lebar kira-kira 1 cm
b. bambu diserut hingga lentur (seperti rangka layang-layang)
c. bambu diserut bulat (diameter sedotan) dengan panjang kira-kira 15 cm
d. bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
e. karton penyangga bagian dalam bungkus rokok
f. benang
g. karet gelang
h. 2 potongan kaleng yang dibengkokkan
i. potongan sedotan secukupnya
selain bahan di atas siapkan pula peralatan seperti gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, serta spidol.
sebelum membuatnya, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :
A. Ambil bambu serut yang besar (bambu a)kemudian patahkan (tidak putus) seperti gambar di bawah ini

setelah dibengkokkan, maka dibuat lubang yang berhadapan seperti dalam gambar di atas.
B. bambu c di belah penampangnya. Ujung yang satu dibelah dua sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya dibelah empat.

masukkan potongan kaleng be…

Cara Membuat Mainan Mobil Etek-Etek Dari Bambu

Bahan-Bahannya :
Bambu belahsandal bekas, dibuat menjadi 4 buah roda2 unit bambu bulat (diameter 1 cm; panjang 2 cm), bisa pula menggunakan bekas spidol gambarkayu/banbu  panjang (kira-kira 1 meter)1 kaleng bekas susu utuh (kaleng besar : susu kental manis)1/4 bagian kaleng susu kecil merk Bearbrand2 lembaran kaleng tebal (bisa dari kaleng susu kental manis) berukuran 1 cm x 2 cm, dan dibengkokkan/ditekuk 90 derajat. karet gelang secukupnyaCara Membuat :
Bambu belah di potong-potong menjadi gambar berikut

potongan bambu belah sedangkan bahan yang disiapkan menjadi seperti ini

bahan lain yang disiapkan rangkai semua bahan sebagai berikut :
a.  ambil 2 potong bambu no. 1, dan 1 potong bambu no. 2, rangkai seperti gambar, dan diikat dengan karet.

bambu no. 1 & 2 b.  tambahkan bambu no. 3 pada sisi rangkaian di atas

tambah bambu no.3 c.  ikat bambu no.4 pada kira-kira sepertiga bagian paling atas rangkaian.  dan ikatkan dua bambu bulat seperti pada gambar di bawah ini

tambah bambu no. 4 dan b…

Bocah-Bocah Yang Mendadak Terkenal di TV Karena Jago IT Ternyata "Berbohong"?

1. Pembuat salingsapa.com (Muhammad Yahya Harlan)

Source Salingsapa.com Ralat karena pernyataan Yan Harlan (ayah Muhammad Yahya Harlan)
“Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” pada Minggu malam 13 Februari 2011
Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata ‘powered by JCow‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini.
Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut.
sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/14/114531/1570726/398/hak-cipta-salingsapa-jadi-bahan-kontroversi/?i991102105
Maka tulisan saya di bawah ini jgn digubris, terimakasih
Pertama saya salut dengan bocah ini, namun setelah saya lakukan view source terhadap web jejaring social miliknya itu, ternyata menggunakan engine jcow.net
Pantas terasa aneh,  seorang bocah ingusan…