Langsung ke konten utama

Baru Lulus, Beban Semakin Berat

Percaya atau tidak, para lulusan baru baru (fresh graduates) memiliki beban hidup yang berat dari sangkaan orang2 (dengan catatan: sang freshgraduate ini sudah tidak menerima bantuan dana dari ortunya). bayangkan saja, mereka masih berusia 20-an, konon itu usia dimana seseorang masih mencari jatidiri (entah hilang kemana jatidiri itu).
usia itu adalah awal masa pembuktian bahwa mereka “bisa”. bahwa semua masa sekolah yang telah dilewati akhirnya berujung pada kesuksesan. bahwa mereka mampu mendapat penghasilan lewat perusahaan bonafid. mereka ingin “dilihat” oleh keluarga dan teman-temannya. sayangnya, mencari pekerjaan itu tidak mudah. kalaupun dapat, mereka belum tentu bisa menentukan tingkatan gaji. sudah dapatnya susah, kerjanya berat, seringkali tidak sesuai dengan bidangnya, gaji minim, eeehhh masih diplonco juga oleh seniornya. itulah nasib fresh graduates.
tunggu, benarkah tulisan diatas? benarkah mereka memiliki beban (berat)? yang namanya beban, hanya akan muncul jika ada expektasi yang berlebihan. misal; ingin cepat sukses, ingin membuktikan diri, ingin beli iphone baru, dll. karena itulah ketika mereka mendapatkan bahwa gajinya minim dan kerjanya berat, mereka berkeluh-kesah dan merasa terbeban berat. mareka lupa dengan issue utamanya: mensyukuri pekerjaan yang telah didapat. kuncinya: kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas.
Apakah anda lulusan baru? jika ya, teruskan membaca. jika tidak, jadikan artikel ini sebagai tambahan wawasan.
setiap ada kesempatan kerja, lakukan apa saja yang terbaik. bila ada tawaran pekerjaan atau tes penerimaan pegawai, ya coba saja. gagal di wawancara kerja adalah perkara biasa. justru saat itulah mental anda terbangun. perbanyak informasi dengan cara banyak berkenalan dengan orang baru, bersilaturahmi dengan kerabat, dan tentu saja rajin mencari informasi via berbagai media.
kalau diterima oleh perusahaan yang anda lamar, masuk saja. terima gaji pertama itu dengan sukarela. masalah gaji kecil sih “wajib” hukumnya, sehingga anda akan merasa tidak puas, tertantang, merasa gelisah, dan akhirnya mencoba hal yang baru. lalu apa nilai positifnya? ini dia: bila anda memasuki dunia kerja, maka informasi yang didapat, pengalaman eksistensi, wawasan, pola pikir, akan melesat. mungkin pekerjaan pertama bukan pekerjaan ideal, namun yang penting adalah bahwa anda paham bagaimana susahnya berkarya dan mencari sesuap nasi.
jangan lupa dan jangan pernah menyerah untuk terus belajar dan mendapatkan ilmu baru sekaligus mengembangkan ilmu yang anda miliki. jangan pernah puas. tingkatkan kemampuan berkomunikasi, termasuk kecakapan bahasa (misal: cara bertanya yang baik, cara nego yang baik, cara menjawab yang baik), tata cara bersikap formal, yang tidak pernah diajarkan di bangku sekolah.
lakukan semua itu demi “pengalaman”. berikan yang terbaik dari pekerjaan anda. kenapa? karena ada peluang disana. minimal, anda sudah tidak bau kencur lagi. ada tambahan pengalaman dalam daftar riwayat hidup. kuasai pekerjaan anda, bila sudah, segera berusaha mendapat pekerjaan impian anda.
selama pekerjaan yang anda geluti belum “sreg” dan secara finansial belum menjamin masa depan, maka tunda dulu bersenang-senang untuk menghabiskan penghasilan. gunakan setiap sen untuk merancang masa depan. masa depan seperti apa? contoh: bekerja pada pekerjaan yang anda sukai, jenjang karir yang jelas, posisi dalam core bussiness, penghasilan yang cukup untuk memenuhi 3 jiwa: anda, pasangan, anak pertama.
sebagai freshgraduate, jangan pernah membatasi diri. jangan “sombong” menolak peluang lain yang berbeda dari bidang anda. karena dalam hidup, kadang ada belokan yang tajam. dan sebetulnya anda akan tetap baik-baik saja. peluang adalah tempat untuk bereksplorasi. tapi ingat, semua dijalani dengan pertimbangan cerdas dan matang. jangan sungkan minta pendapat ke orang lain, karena pikiran anda akan lebih terbuka. intinya fresh graduate justru lebih punya banyak semangat untuk menaklukan dunia. semoga sukses!!


©achmad.glclearningcenter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mainan Baling-Baling/ Kitiran Lebah Dari Bambu

Bahan-bahan untuk membuat kincir lebah adalah sebagai berikut :

a. bambu diserut dengan lebar kira-kira 1 cm
b. bambu diserut hingga lentur (seperti rangka layang-layang)
c. bambu diserut bulat (diameter sedotan) dengan panjang kira-kira 15 cm
d. bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
e. karton penyangga bagian dalam bungkus rokok
f. benang
g. karet gelang
h. 2 potongan kaleng yang dibengkokkan
i. potongan sedotan secukupnya
selain bahan di atas siapkan pula peralatan seperti gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, serta spidol.
sebelum membuatnya, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :
A. Ambil bambu serut yang besar (bambu a)kemudian patahkan (tidak putus) seperti gambar di bawah ini

setelah dibengkokkan, maka dibuat lubang yang berhadapan seperti dalam gambar di atas.
B. bambu c di belah penampangnya. Ujung yang satu dibelah dua sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya dibelah empat.

masukkan potongan kaleng be…

Cara Membuat Mainan Mobil Etek-Etek Dari Bambu

Bahan-Bahannya :
Bambu belahsandal bekas, dibuat menjadi 4 buah roda2 unit bambu bulat (diameter 1 cm; panjang 2 cm), bisa pula menggunakan bekas spidol gambarkayu/banbu  panjang (kira-kira 1 meter)1 kaleng bekas susu utuh (kaleng besar : susu kental manis)1/4 bagian kaleng susu kecil merk Bearbrand2 lembaran kaleng tebal (bisa dari kaleng susu kental manis) berukuran 1 cm x 2 cm, dan dibengkokkan/ditekuk 90 derajat. karet gelang secukupnyaCara Membuat :
Bambu belah di potong-potong menjadi gambar berikut

potongan bambu belah sedangkan bahan yang disiapkan menjadi seperti ini

bahan lain yang disiapkan rangkai semua bahan sebagai berikut :
a.  ambil 2 potong bambu no. 1, dan 1 potong bambu no. 2, rangkai seperti gambar, dan diikat dengan karet.

bambu no. 1 & 2 b.  tambahkan bambu no. 3 pada sisi rangkaian di atas

tambah bambu no.3 c.  ikat bambu no.4 pada kira-kira sepertiga bagian paling atas rangkaian.  dan ikatkan dua bambu bulat seperti pada gambar di bawah ini

tambah bambu no. 4 dan b…

Bocah-Bocah Yang Mendadak Terkenal di TV Karena Jago IT Ternyata "Berbohong"?

1. Pembuat salingsapa.com (Muhammad Yahya Harlan)

Source Salingsapa.com Ralat karena pernyataan Yan Harlan (ayah Muhammad Yahya Harlan)
“Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” pada Minggu malam 13 Februari 2011
Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata ‘powered by JCow‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini.
Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut.
sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/14/114531/1570726/398/hak-cipta-salingsapa-jadi-bahan-kontroversi/?i991102105
Maka tulisan saya di bawah ini jgn digubris, terimakasih
Pertama saya salut dengan bocah ini, namun setelah saya lakukan view source terhadap web jejaring social miliknya itu, ternyata menggunakan engine jcow.net
Pantas terasa aneh,  seorang bocah ingusan…