Langsung ke konten utama

Mau Mudah Dapat Kerja?? Ini Yang Harus Dipelajari

impian setiap orang mendapat pekerjaan yang layak dan hidup mewah (buat pemalas ya cuma ngimpi) dan bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang layak itu? nah jawabannya dibawah ini.......

“skill apa saja yang diperlukan di dunia kerja? yang bisa saya kerjakan sendiri?”
jawaban saya, yang paling baik adalah kamu perlu tahu diri kamu sendiri, “what are you gonna be?”. Anda itu mau jadi programmer, sysadmin, HLR engineer, UNIX engineer, atau apa? setelah tahu, barulah cari skill yang diperlukan untuk posisi tersebut.
Bicara tentang skill, harus katakan bahwa beberapa skill akan lebih bagus hasilnya jika ikut training atau berada di environment yang mendukung. misal skill bahasa asing (perlu orang yang mengkoreksi anda), skill pemrogramman (jika stuck dengan sebuah problem & susah nanya), skill peralatan telco (karena barangnya ngak ada dipasaran), dan mungkin skill lainnya. tidak lupa juga skill non-technical karena memang perlu ketika setelah kerja & seleksi kerja. misal, kemampuan menjawab dengan baik, kemampuan berkomunikasi dengan baik, kemampuan berbahasa asing dengan baik, kemampuan presentasi, dll.
“bagaimana kalo saya belum tahu saya maunya apa?” wah ini yang susah. jadi orang harus kenal diri sendiri mas. kalo memang masih bingung, ya harus cari informasi sebanyak2nya, buat table comparison, cari info di google, dll. Mengingat usia penanya sekarang, sudah saatnya untuk tidak bingung, dan siap untuk dilepas & mandiri.
“bagaimana mencari tahu apa yang saya mau?” Saya suka dengan lagu potret (usia 17)
“Biar mereka coba semua selama itu tak berbahaya, Biar mereka mengerti hidup “
Maksudnya adalah coba aja semua skill selagi masih muda. Agar lebih ngerti hidup anda sendiri, apa yang anda mau, dan mengerti bahwa orang hidup itu tidak mudah. Teknisnya: coba2 aja semua skill (programming, sysadmin, photoshop, web designer, dll), kemudian pilih yang cocok dengan anda. Tidak perlu ikut2an, karena kalo ngikut orang, anda hanya akan jadi bayangan, bukan jadi orang. jika orang yang diikuti hilang, bayanganpun lenyap.
“wah, kalo gitu perlu banyak waktu dong?” itulah gunanya usia muda, usia untuk bereksperimen.
Perlu diingat, mengasah skill pasti akan butuh resources (uang, waktu, tenaga), karena itu anda perlu cermat dalam memilih skill yang anda kuasai.
Seperti ditulis pada artikel sebelumnya, setiap lowongan pasti ada requirementsnya anda bisa pelajari disitu. Atau browsing lowongan kerja sebanyak2nya kemudian rangkum skill apa saja yang diperlukan. atau bisa juga google ini. jangan lupa buat networking seluas2nya, buat teman sebanyak2nya (note: facebook friends adalah BUKAN REAL FRIENDS), karena bisa jadi lowongan dari situ juga.

©achmad.glclearningcenter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mainan Baling-Baling/ Kitiran Lebah Dari Bambu

Bahan-bahan untuk membuat kincir lebah adalah sebagai berikut :

a. bambu diserut dengan lebar kira-kira 1 cm
b. bambu diserut hingga lentur (seperti rangka layang-layang)
c. bambu diserut bulat (diameter sedotan) dengan panjang kira-kira 15 cm
d. bambu diserut bulat pendek seperti batang korek api
e. karton penyangga bagian dalam bungkus rokok
f. benang
g. karet gelang
h. 2 potongan kaleng yang dibengkokkan
i. potongan sedotan secukupnya
selain bahan di atas siapkan pula peralatan seperti gunting, cutter, lem kertas, lem kayu, serta spidol.
sebelum membuatnya, kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sebagai berikut :
A. Ambil bambu serut yang besar (bambu a)kemudian patahkan (tidak putus) seperti gambar di bawah ini

setelah dibengkokkan, maka dibuat lubang yang berhadapan seperti dalam gambar di atas.
B. bambu c di belah penampangnya. Ujung yang satu dibelah dua sampai dua per tiga bagian bambu, dan ujung lainnya dibelah empat.

masukkan potongan kaleng be…

Cara Membuat Mainan Mobil Etek-Etek Dari Bambu

Bahan-Bahannya :
Bambu belahsandal bekas, dibuat menjadi 4 buah roda2 unit bambu bulat (diameter 1 cm; panjang 2 cm), bisa pula menggunakan bekas spidol gambarkayu/banbu  panjang (kira-kira 1 meter)1 kaleng bekas susu utuh (kaleng besar : susu kental manis)1/4 bagian kaleng susu kecil merk Bearbrand2 lembaran kaleng tebal (bisa dari kaleng susu kental manis) berukuran 1 cm x 2 cm, dan dibengkokkan/ditekuk 90 derajat. karet gelang secukupnyaCara Membuat :
Bambu belah di potong-potong menjadi gambar berikut

potongan bambu belah sedangkan bahan yang disiapkan menjadi seperti ini

bahan lain yang disiapkan rangkai semua bahan sebagai berikut :
a.  ambil 2 potong bambu no. 1, dan 1 potong bambu no. 2, rangkai seperti gambar, dan diikat dengan karet.

bambu no. 1 & 2 b.  tambahkan bambu no. 3 pada sisi rangkaian di atas

tambah bambu no.3 c.  ikat bambu no.4 pada kira-kira sepertiga bagian paling atas rangkaian.  dan ikatkan dua bambu bulat seperti pada gambar di bawah ini

tambah bambu no. 4 dan b…

Bocah-Bocah Yang Mendadak Terkenal di TV Karena Jago IT Ternyata "Berbohong"?

1. Pembuat salingsapa.com (Muhammad Yahya Harlan)

Source Salingsapa.com Ralat karena pernyataan Yan Harlan (ayah Muhammad Yahya Harlan)
“Memang itu dari CMS tertentu, tapi kita beli lisensinya. Dan dalam aturannya, kalau kita beli lisensinya kita diberi kebebasan untuk mencantumkan atau tidak,” pada Minggu malam 13 Februari 2011
Dalam aturan lisensi di JCow, saat ditelusuri detikINET, memang disebutkan bahwa kata-kata ‘powered by JCow‘ boleh dihilangkan bagi mereka yang membeli lisensi piranti lunak ini.
Yan juga menambahkan, dengan dibelinya lisensi tersebut maka pembeli bebas mengkreasikan source tersebut.
sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/14/114531/1570726/398/hak-cipta-salingsapa-jadi-bahan-kontroversi/?i991102105
Maka tulisan saya di bawah ini jgn digubris, terimakasih
Pertama saya salut dengan bocah ini, namun setelah saya lakukan view source terhadap web jejaring social miliknya itu, ternyata menggunakan engine jcow.net
Pantas terasa aneh,  seorang bocah ingusan…