background img

The New Stuff

Kalender Abadi

Tahukah rekan² kapan hari kemerdekaan Indonesia? Otomatis semua orang juga akan tahu dan menjawab tanggal 17 Agustus 1945. Tapi belum tentu semua orang tahu hari apakah pada tanggal 17 Agustus 1945 itu, Ok jika rekan² sering membaca buku sejarah dan akan dengan mudah menjawab bahwa 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jumat.

Tapi bagaimana jika pertanyaannya diganti dengan pertanyaan acak, sebagai contoh : 28 Januari 1986 jatuh pada hari apa? Padahal kalender tahun 1986 sudah tidak tersedia lagi. Seiring berkembangnya teknologi bisa jadi kita memiliki program komputer atau Hp untuk melacak hari pada setiap tahun, tapi yang sekarang akan kita bahas adalah tentang kalender abadi yang kita dapat mempelajari pola dari kalender abadi tersebut, yang pola ini sendiri terus berulang dengan hitungan tertentu.

Sekarang mari kita perhatikan bersama tabel berikut ini, bisa berguna buat rekan² yang mungkin hanya mengetahui tanggal lahir saja, tapi tidak tahu dilahirkan pada hari apa. Bukan hanya itu tapi tabel ini juga bisa melacak hari apapun pada tanggal dan tahun dimasa mendatang.




Kutipan:

Misalkan hari yang ingin diketahui adalah pada tanggal 17 Agustus 1945, yaitu :
A. Cari tahunnya. Pada sudut kiri atas tandai 1900 kemudian cari tabel dibawahnya angka 45.
B. Cari Bulannya. Angka 8 untuk bulan Agustus.
C. Cari perpotongan garis antara 45 (tahun) dan 8 (bulan), maka akan didapat angka 4.
D. Kemudian turunlah ke tabel² kecil dibawah, cari angka 4 dilanjutkan dengan mencari angka 17, ternyata itu adalah hari Jumat.



0 komentar:

Poskan Komentar

Ramaikan Blog Ini Dengan Komentar-Komentar Anda

Bebas, Sopan, Ataktif, Kritik Juga Boleh

Popular Posts